Selasa, 01 November 2011

Keuntungan Title Tags Dalam On-Page Seo

Masih banyak orang yang lupa akan title tag ketika mereka membuat situs menggunakan editor WYSIWYG sebagai outsourcenya, padahal title tag bisa memberikan peringkat yang bagus di mesin pencari dan meningkatkan pagerank. Dan title tag (<title> </ title>) adalah hal utama yang terpenting dalam on-page seo.

Ada 3 Manfaat jika Anda bisa mengoptimalkan title tag:

  1. Seorang pengguna yang mengetikkan kata kunci Anda di mesin pencari akan melihat bahwa link situs Anda disorot didalam hasil pencarian jika judul halaman situs Anda sama dengan frase kata yang mereka mencari. Hal ini membuat klik menuju situs Anda akan meningkat dan lalu lintas situs pun meningkat padat, bahkan lebih dari mereka yang peringkatnya berada diatas Anda.
  2. Tentu saja otomatis peringkat situs Anda pada mesin pencari meningkat.
  3. Ikut membantu mesin pencari untuk membedakan halaman-halaman situs yang kelihatannya mirip.


Rasio klik-tayang yang tinggi
Saya kembalikan ke konsep dasar, bahwa search engine optimization bukan tentang muncul sebagai nomor satu di search engine. Seo adalah tentang mendapatkan semua lalu lintas yang layak Anda terima dari mesin pencari. Suatu contoh, misalkan situs Anda ada di peringkat 5 untuk keyword "seo gratis", tapi Anda dan pesaing Anda tidak menyertakan keyword itu ke dalam title tag halaman, maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah situs Anda dan pesaing anda akan tampak sama dan tidak berbeda bagi para pencari.
Lain halnya jika Anda mengubah teks kata judul website Anda agar sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan, misalnya: "seo gratis", kemudian ketika seseorang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, maka situs Anda muncul di hasil pencarian dalam huruf tebal. Hal ini merangsang keinginannya untuk melihat situs Anda terlebih dahulu, karena situs Anda terlihat lebih bertarget dan cocok seperti yang ia cari.

Peringkat yang lebih baik
Title tag adalah salah satu cara termudah untuk memberitahu mesin pencari tentang isi halaman situs Anda dan supaya mereka bisa menggolongkannya. Kebanyakan orang meletakkan daftar nama bisnis dan domain mereka pada title tag, padahal itu adalah suatu hal sia-sia. Karena manusia mungkin tidak melihat tag judul, tapi mesin pencari.
Pilihlah kata kunci yang paling baik untuk mewakili isi dari halaman situs Anda. Hal ini bisa digunakan sebagai kesempatan untuk meningkatkan peringkat situs. Anda bisa saja memasukkan nama domain situs atau nama bisnis, tapi lakukanlah setelah Anda memasukkan kata kunci. Ini dilakukan untuk menunjukkan pada pengguna bahwa kata kunci tersebut lah yang lebih penting karena mewakili isi halaman situs, contohnya, "seo gratis - tutorial-seo-gratis.blogspot.com".

Membantu mesin membedakan halaman Anda
Mesin pencari mengambil informasi dari web dengan cara menggerayanginya siang malam. Lalu mencoba untuk dikelompokkan ke dalam kategori yang sesuai sehingga pengguna dengan mudah bisa menemukan apa yang dicari. Posting yang jelas topiknya dengan menggunakan tag judul, bisa membantu mesin pencari untuk membedakan antara halaman/postingan satu dengan lainnya.
Kadangkala kita memiliki dua atau lebih halaman yang sangat mirip sehingga diperlukan sedikit pemikiran untuk membedakannya. Jangan membuat mesin pencari mengira-ngira sendiri topik pada halaman situs Anda karena mungkin saja mereka salah. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menghindari hukuman atas duplikat konten.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More