Senin, 10 Oktober 2011

Apa Itu Pagerank?

apa itu pagerank
Dulu, Pagerank adalah sistem yang digunakan oleh mesin pencari terkenal, yaitu Google, untuk menilai atau memberikan peringkat pada halaman website. Pertama kalinya mesin ini dikembangkan, mereka memberi peringkat pada semua situs web secara sama kemudian menampilkan hasil pencariannya hanya berdasarkan pada tag konten dan tag meta yang ada pada isi halaman. Ketika itu, revolusi yang dikembangkan oleh mesin pencari ini adalah dengan membuat salah satu faktor penting, yaitu otoritas suatu situs.


Untuk menentukan nilai otoritas atau seberapa penting suatu situs, Google memilih beberapa situs terkenal, seperti cnn.com, dmoz.org, dan espn.com. Situs-situs ini sudah jelas mempunyai nilai otoritas tinggi, Google berpendapat bahwa jika situs ini me-link ke situs lain (katakanlah situs A), maka situs A akan menerima sebagian otoritas dari situs tersebut. Jika situs B me-link ke situs C, maka situs C juga akan menerima sebagian otoritas, walaupun jauh lebih kecil.


Berdasarkan sistem otoritas ini, Google menghitung berapa banyak otoritas yang dimiliki sebuah situs lalu memberikan peringkat kepadanya, yang nilainya dari 0 sampai 10, inilah yang disebut pagerank. Sistem PageRank saat ini telah menjadi lebih rumit dibandingkan saat itu, tapi semuanya berawal dari sini.


Berapa Pagerank Situs Saya?
Jika Anda ingin melihat berapa PageRank situs Anda atau situs lainnya, silakan menginstal Toolbar Google atau seo tools yang lain, atau anda bisa mengunjungi situs-situs yang bisa menampilkan pagerank, seperti prchecker.info. Perlu dicatat bahwa PageRank yang ditampilkan adalah perkiraan yang dibuat oleh Google, dan biasanya diperbarui setiap 3 bulan atau bahkan bisa lebih.

Pengguna Pagerank
Pertama kalinya PageRank muncul, hanya Google yang menggunakannya, tapi karena sebagian mesin pencari lainnya telah melihat tingkat akurasi Google yang tinggi, maka hampir setiap mesin pencari telah menambahkan sistem PageRank menjadi bagian dari algoritma mereka. Di masa lalu, sementara banyak dari mesin pencari masih berusaha menambahkan sistem PageRank pada algoritma pencarian mereka, sebagian lainnya bersikeras membuat algoritma mereka sendiri untuk memperkuat hasil pencariannya dari sebuah kata kunci, seperti Yahoo.

Bukan hanya mesin pencari saja, bahkan webmaster, spesialis SEO (Search Engine Optimization), dan siapapun akan melihat ke Google PageRank ketika ingin menilai dengan cepat berapakah nilai penting atau otoritas sebuah situs. Jika Anda ingin mengoptimalkan seo untuk situs anda, maka anda juga termasuk sebagai pengguna pagerank. Bagaimanakah cara agar bisa memperoleh pagerank untuk situs anda?, hal ini akan saya bahas di posting selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More