Jumat, 04 November 2011

Apa Itu On-Page SEO?

Secara harfiah On-Page SEO (Search Engine Optimization) bermakna penerapan SEO pada halaman. Pengertiannya adalah Menerapkan segala teknik SEO pada halaman situs/blog untuk mengoptimalkan situs tersebut pada user atau search engine. On page SEO lebih mengarah pada kegiatan untuk mengoptimalkan struktur desain situs web dan kontennya, dan tidak berhubungan dengan pihak luar. Mesin pencari menyukai sebuah struktur sourcecode web yang baik (bisa juga disebut seo friendly) dan juga konten yang unik, sedangkan user menyukai tampilan luar desain web yang menarik dan juga konten berkualitas.

Dari petualangan saya mempelajarinya, on-page seo terdiri dari faktor-faktor berikut:

Niche
Bisa dibilang niche adalah sebuah topik tertentu. Sebuah situs/blog biasanya merujuk pada satu atau lebih niche. Misalnya, pakaian, makanan, kesehatan, artis, seo, blog, dll.

Nama domain
Nama domain bisa didapat dengan cara membeli di toko domain seperti godaddy.com, namecheap.com, dll, atau secara cuma-cuma dengan mendaftar ke co.cc, blogger.com atau wordpress.com . Misalnya, tutorial-seo-gratis.blogspot.com atau tutorialseo.com.

Judul situs
Judul situs atau title tag adalah nama yang mewakili isi situs. Misal, "Tutorial SEO Gratis".

Deskripsi
Deskripsi adalah ulasan singkat tentang isi situs. Misal, "Tutorial belajar SEO untuk pemula. Tutorial memahami arti apa itu SEO, dengan segala hal tips trik dan seo tools secara gratis.".

Keyword
Keyword adalah kata kunci yang merujuk ke situs. Misal, keyword yang Anda targetkan adalah "tutorial seo", jika anda mengoptimalkan SEO pada situs anda, ketika user mengetikkan kata "tutorial seo" pada mesin pencari, maka situs anda akan tampil di halaman depan hasil pencarian.

Heading
Yang dimaksud adalah penggunaan html headings pada teks, misal [H1], [H2],..[H6].

Alt text pada image
Alt text yang dimaksud adalah teks alternatif yang menjelaskan isi/maksud suatu image/gambar pada situs. Misal, Alt="tutorial seo untuk pemula".

Text/html rasio
Yaitu rasio perbandingan antara teks dan kode html pada situs.

Flash
Penilaian apakah terdapat flash pada situs atau tidak. Hal ini dikarenakan flash  bisa membuat waktu loading situs bertambah lama.

Www resolve
penilaian apakah, misal, URL http://www.seo.com dan http://seo.com menuju pada situs yang sama atau tidak. Karena mesin pencari menilai bahwa itu adalah url yang berbeda.

Robots.txt
File robots.txt memungkinkan Anda untuk membatasi akses robot mesin pencari yang me-crawl (menelusuri) situs, dan dapat mencegah robot pencari mengakses direktori dan halaman tertentu.
Misal, http://www.tutorial-seo-gratis.blogspot.com/robots.txt


XML sitemap
Yaitu peta suatu situs yang menampilkan daftar URL yang ada pada situs. Anda dapat memasukkan informasi tambahan seperti update terakhir, frekuensi perubahan, dan hal penting lainnya. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk menjelajah situs dengan lebih cerdas.
Misal, http://tutorial-seo-gratis.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated.

Encoding
Pengkodean bahasa program. Menentukan code bahasa/karakter secara khusus/spesifik dapat mencegah masalah akibat karakter khusus. Misal, unicode(UTF-8).

Google Analytics
Google Analytics™ merupakan layanan servis oleh google untuk membantu memonitor suatu situs. Dengan Google Analytics ™, Anda dapat menganalisa data lalu lintas situs Anda dalam cara yang sama sekali baru dan menciptakan tingkat konversi yang lebih tinggi.

W3C validity
W3C adalah konsorsium yang menetapkan standar web. Kesalahan sintaks dapat membuat halaman Anda sulit bagi mesin pencari untuk mengindeks. Deteksilah kesalahan sintaks situs Anda dengan menjalankan layanan validasi W3C.

Microformats
Microformat adalah markup semantik teknis yang dapat digunakan untuk struktur yang lebih baik data yang diajukan ke mesin pencari. Misal, rel-nofollow.

Dublin Core
Adalah hal yang bail jika Website Anda mengambil keuntungan dari Dublin Core.
Dublin Core merupakan set elemen metadata standar yang digunakan untuk menggambarkan isi dari sebuah website. Misal, dc.publisher: Kur.

Geo Meta Tags
Meskipun Google ™ mengabaikan Geo Meta Tags, mesin pencari Bing masih memperhitungkannya. Misal, geo.position: -7.629714;111.513702.

Konten
Yang dimaksud konten yaitu isi pada situs, bisa berupa tulisan posting diblog, artikel-artikel, gambar, atau layanan lainnya.

Anchor Text
Yaitu teks yang megandung sebuah link. Misal, <a href="http://google.com">Anchor Text</a>

Internal Link
Yaitu link yang keluar dari situs anda dan menuju situs anda sendiri.

Outbond Link
Outbond link adalah link yang keluar dari situs anda menuju ke situs lain.

Waktu Proses
Yaitu waktu proses loading yang dibutuhkan situs anda untuk tampil sempurna.

Komentar
Yaitu tulisan komentar pengunjung pada postingan di situs anda, yang bisa merupakan pujian, saran, kritik, dll.

Untuk penjelasan lebih detail tentang hal-hal diatas dan penerapannya agar bisa mendukung SEO onpage akan saya bahas pada postingan berikutnya. Terimakasih.

2 komentar:

bagaimana cara membuat doblin core sob.?

gimana cara buat agar website saya bisa naik dengan kata kunci tertentu sob?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More